Luaran Bayi dari Ibu dengan Tuberkulosis Resistan Multi Obat

  • Dwiyanarsi Yusuf Peserta Program Dokter Spesialis Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta
  • Yuyun Lisnawati KSM Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Rumah Saki Umum Pusat Persahabatan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta
Keywords: Kehamilan, multidrug, resisten, tuberkulosis

Abstract

Pendahuluan: Multidrug resistant tuberculosis (MDR TB) merupakan penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis, dimana terdapat resistensi terhadap obat isoniazid dan rifampisin dengan atau tanpa resisten terhadap obat lainnya. MDR TB jika tidak diobati atau terdiagnosis selama kehamilan, dapat meningkatkan morbiditas, mortalitas dan transmisi vertikal ibu ke bayi. Terdapat peningkatan risiko komplikasi obstetri seperti abortus, pertumbuhan janin terhambat, air ketuban berkurang, persalinan preterm dan meningkatnya mortalitas neonatus.

Tujuan: Studi ini bertujuan untuk menyajikan serial kasus yang kami dapatkan di RSP mengenai tatalaksana MDR TB dalam kehamilan serta luaran bayi pada ibu dengan MDR TB.

Metode: Kami mengikuti 3 wanita hamil yang didiagnosis dengan MDR TB. Data diambil dari anamnesis, pemeriksaan fisik, laboratorium dan luaran bayi.

Hasil: Dua dari tiga wanita hamil diketahui resisten terhadap rifampisin dan telah diberikan ethionamide dan levofloxacin selama lebih dari 1 bulan. Dilakukan terminasi kehamilan secara seksio sesaria di usia kehamilan 32 minggu, 36 minggu, dan 36 minggu dengan berat lahir bayi 1450 gram, 2350 gram dan 2600 gram. Tidak ditemukan adanya kelainan keongenital pada semua neonatus.

Kesimpulan: Serial kasus MDR-TB dalam kehamilan telah dilaporkan. Dua dari pasien telah diberikan terapi ethionamide dan levofloxacin selama kehamilan, dan tidak menunjukkan adanya kelainan bawaan pada neonatus. Berat lahir rendah ditemukan pada dua neonatus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-02
How to Cite
Yusuf, D., & Lisnawati, Y. (2019). Luaran Bayi dari Ibu dengan Tuberkulosis Resistan Multi Obat. Journal Of The Indonesian Medical Association, 69(4), 197-201. https://doi.org/10.47830/jinma-vol.69.4-2019-69